Sabtu, 27 April 2013

HUKUM SHALAT RAGHAIB

Azalia Audrey
Assalamualaikum
gimana hukum shalat Nisfu sya'ban?
banyak diantara adat kita sesudah shalat magrib langsung shalat sunnah nisfuh sya'ban?


JAWABAN
Kakek Jhosy
>>> Wa'alaikum salam
Adapun sHalat yang dikenal pada malam-malam yang dicintai dan pada malam nisfu Sya’ban ’ adalah bid’ah yang jelek, sedangkan hadist-hadist (mengenai hal itu) adalah palsu

Referensi
تحفة المحتاج في شرح المنهاج الجزء الثاني ص ٢٣٩
والصلاة المعروفة ليلة الرغائب ونصف شعبان بدعة قبيحة وحديثها موضوع

Referensi
Fatawa Ar-Ramli As-Syafi’i juz I
سُئِلَ ) عَنْ الصَّلَاةِ الَّتِي يُسَمُّونَهَا صَلَاةَ الرَّغَائِبِ هَلْ لَهَا أَصْلٌ , وَهَلْ وَرَدَ فِيهَا أَحَادِيثُ أَمْ لَا ؟ ( فَأَجَابَ ) بِأَنَّهُ لَمْ يَصِحَّ فِي شَهْرِ رَجَبٍ صَلَاةٌ مَخْصُوصَةٌ تَخْتَصُّ بِهِ , وَالْأَحَادِيثُ الْمَرْوِيَّةُ فِي فَضْلِ صَلَاةِ الرَّغَائِبِ فِي أَوَّلِ جُمُعَةٍ مِنْ شَهْرِ رَجَبٍ كَذِبٌ بَاطِلٌ , وَهَذِهِ الصَّلَاةُ بِدْعَةٌ عِنْدَ جُمْهُورِ الْعُلَمَاءِ وَمِمَّنْ ذَكَرَ ذَلِكَ مِنْ أَعْيَانِ الْعُلَمَاءِ الْمُتَأَخِّرِينَ مِنْ الْحُفَّاظِ أَبُو إسْمَاعِيلَ الْأَنْصَارِيِّ وَأَبُو بَكْرِ بْنُ السَّمْعَانِيِّ وَأَبُو الْفَضْلِ بْنُ نَاصِرٍ وَأَبُو الْفَرْجِ بْنُ الْجَوْزِيِّ وَغَيْرُهُمْ , وَإِنَّمَا لَمْ يَذْكُرْهَا الْمُتَقَدِّمُونَ ; لِأَنَّهَا أُحْدِثَتْ بَعْدَهُمْ وَأَوَّلُ مَا ظَهَرَتْ بَعْدَ الْأَرْبَعِمِائَةِ فَلِذَلِكَ لَمْ يَعْرِفْهَا الْمُتَقَدِّمُونَ وَلَمْ يَتَكَلَّمُوا فِيهَا

Dia ditanya tentang sholat Roghoib, apakah ada asalnya, dan hadits-haditsnya ditemukan atau tidak?
Dia menjawab, bahwasanya sholat khusus yang ditentukan pada bulan Rajab itu tidak shahih. Dan hadits-haditsnya yang diriwayatkan mengenai sholat roghoib pada awal Jum’at di Bulan Rajab itu adalah dusta lagi batil. Sholat roghoib ini bid’ah menurut Jumhur (mayoritas) ‘Ulama, di antaranya yang menyebutkan demikian (bid’ahnya sholat roghoib) itu dari pemuka-pemuka ulama mutaakhirin yaitu para hafidz: Abu Isma’il Al-Anshori, Abu Bakar bin As-Sam’ani, Abul Fadhl bin Nashir, Abul Faraj bin Al-Jauzi dan lainnya. Sholat roghoib itu sama sekali tidak disebutkan oleh ulama terdahulu, karena hanyalah diada-adakan secara baru (oleh orang-orang) setelah mereka. Pertama-tama munculnya adalah setelah tahun 400 (Hijriyah), maka dengan demikian tidak dikenal oleh ulama terdahulu, dan mereka tidak membicarakannya

>>>NB<<<<
Sedangkan Sholat yang dikenal dengan sholat roghoib yaitu 12 roka’at dilakukan antara maghrib dan isya’ malam Jum’at pertama di bulan Rajab. Dan sholat malam nishfu sya’ban adalah 100 roka’at. Dua jenis sholat itu (sholat roghoib dan sholat malam nishfu sya’ban) adalah bid’ah dan munkar, kedua-duanya buruk, dan jangan terkecoh dengan disebutkannya kedua sholat itu dalam kitab Qutul Qulub, dan kitab Ihya’ ‘Ulumid Dien. Dan jangan terkecoh dengan hadits yang disebutkan dalam dua kitab itu, karena sesungguhnya itu adalah batil. Dan jangan terkecoh dengan sebagian imam yang samar atasnya hukum kedua sholat itu lalu mengarang lembaran-lembaran mengenai disukainya (mengerjakan) kedua sholat itu, karena hal itu adalah salah. Syaikh Imam Abu Muhammad Abdul Rahman bin Isma’il Al-Maqdisi menyusun kitab spesifik mengenai batilnya kedua sholat itu, maka bagus dan indahlah isinya, semoga Alloh merahmatinya

Referensi
قال النووي رحمه الله في "المجموع الجزء الثالث ص ٥٤٨
الصلاة المعروفة بصلاة الرغائب , وهي ثنتا عشرة ركعة تصلى بين المغرب والعشاء ليلة أول جمعة في رجب , وصلاة ليلة نصف شعبان مائة ركعة وهاتان الصلاتان بدعتان ومنكران قبيحتان ولا يغتر بذكرهما في كتاب قوت القلوب , وإحياء علوم الدين , ولا بالحديث المذكور فيهما فإن كل ذلك باطل ، ولا يغتر ببعض من اشتبه عليه حكمهما من الأئمة فصنف ورقات في استحبابهما فإنه غالط في ذلك , وقد صنف الشيخ الإمام أبو محمد عبد الرحمن بن إسماعيل المقدسي كتابا نفيسا في إبطالهما فأحسن فيه وأجاد رحمه الله " انتهى
وقال النووي – أيضاً - في "شرح مسلم
قاتل الله واضعها ومخترعها , فإنها بدعة منكرة من البدع التي هي ضلالة وجهالة وفيها منكرات ظاهرة . وقد صنف جماعة من الأئمة مصنفات نفيسة في تقبيحها وتضليل مصليها ومبتدعها ودلائل قبحها وبطلانها وتضليل فاعلها أكثر من أن تحصر " انتهى

Referensi
وقال ابن عابدين في "حاشيته الجزء الثاني ص ٢٦
قال في ( البحر ) ومن هنا يعلم كراهة الاجتماع على صلاة الرغائب التي تفعل في رجب في أولى جمعة منه وأنها بدعة . .
وللعلامة نور الدين المقدسي فيها تصنيف حسن سماه "ردع الراغب عن صلاة الرغائب" أحاط فيه بغالب كلام المتقدمين والمتأخرين من علماء المذاهب الأربعة " انتهى باختصار
وسئل ابن حجر الهيتمي رحمه الله : هل تجوز صلاة الرغائب جماعة أم لا؟
فأجاب : " أما صلاة الرغائب فإنها كالصلاة المعروفة ليلة النصف من شعبان بدعتان قبيحتان مذمومتان وحديثهما موضوع فيكره فعلهما فرادى وجماعة " انتهى

Referensi
وجاء في "الموسوعة الفقهية الجزء ٢٢ ص ٢٦٢
نص الحنفية والشافعية على أن صلاة الرغائب في أول جمعة من رجب , أو في ليلة النصف من شعبان بكيفية مخصوصة , أو بعدد مخصوص من الركعات بدعة منكرة
وقال أبو الفرج بن الجوزي : صلاة الرغائب موضوعة على رسول الله صلى الله عليه وسلم وكذب عليه . قال : وقد ذكروا على بدعيتهما وكراهيتهما عدة وجوه منها : أن الصحابة والتابعين ومن بعدهم من الأئمة المجتهدين لم ينقل عنهم هاتان الصلاتان , فلو كانتا مشروعتين لما فاتتا السلف , وإنما حدثتا بعد الأربعمائة انتهى


Pozank Bin Puzink >>> oke boos
Ini keterangan dari Ianat tholbin
اعانة ج 1 ص 271
فائدة) أما الصلاة المعروفة ليلة الرغائب ونصف شعبان ويوم عاشوراء فبدعة قبيحة وأحاديثها موضوعة قال العلامة الكردي واختلف العلماء فيها فمنهم من قال لها طرق إذا اجتمعت وصل الحديث إلى حد يعلم به في فضائل الأعمال ومنهم من حكم على حديثها بالوضع ومنهم النووي وتبعه الشارح
Syeikh Al Kurdy berkata : Para Ulama berbeda pendapat mengenai hadis-hadis yang berhubungan dengan salat sunah mutlak malam Nishfu Sya’ban, diantara para ulama ada yang mengatakan bahwa hadis tersebut (meskipun Dloif) memiliki banyak jalur riwayat, yang secara keseluruhan (akumulasi) hadis tersebut boleh dilaksanakan dalam hal Fadlailul A’mal. Diantara ulama yang lain menghukuminya sebagai hadis palsu, seperti Imam Nawawi dan Syekh Zainuddin Al Malibary”

Referensi
الفتاوى الكبرى ج 2 ص 469
مسئلة فى صلاة نصف شعبان) الجواب إذا صلى الإنسان ليلة النصف وحده أو فى جماعة خاصة كما كان يفعل طوائف من السلف فهو أحسن. وأما الإجتماع فى المساجد على صلاة مقدرة كالإجتماع على مائة ركعة بقراءة ألف قل هو الله أحد دائما فهذا بدعة لم يستحبها أحد من الأئمة والله أعلم
Apabila seseorang shalat sunah mutlak pada malam nishfu Sya’ban sendirian atau berjamaah, sebagaimana dilakukan oleh segolongan ulama salaf, maka hukumnya adalah baik. Adapun kumpul-kumpul di masjid dengan salat yang ditentukan, seperti shalat seratus raka’at dengan membaca surat al Ikhlash sebanyak seribu kali, maka ini adalah perbuata bid’ah yang sama sekali tidak dianjurkan oleh para ulama”

NB.
Shalat raghaib, yakni shalat 12 rakaat pada Jum’at pertama bulan Rajab dan shalat 100 ataupun 10 rakaat pada pertengahan bulan Sya’ban hukumnya khilaf.
Haram karena tergolong bid’ah qabihah menurut kebanyakan ulama.
Boleh sesuai hikayah dari al-Kurdy tentang khilafiyah status hadits shalat raghaib, dengan demikian status fasid atas qaul al-Ghazali juga bisa ditinjau ulang dan menjadi khilafiyah, secara tersirat didukung pula oleh Ibnu Shalah.
Boleh dengan bentuk kompromi menjalankan shalat sunah mutlak ataupun shalat sunah lainnya.

Referensi
الكتاب: فتاوى الكبرى الفقهية ج2 ص81-82
وسئل نفع الله به عن صوم منتصف شعبان هل يستحب على ما رواه ابن ماجه أن النبي قال: إذا كانت ليلة النصف من شعبان فقوموا ليلها وصوموا نهارها فإن الله ينزل فيها لغروب الشمس إلى سماء الدنيا ) أو لا يستحب وهل هذا الحديث صحيح أو لا؟ وإن قلتم باستحبابه فلم لم يذكره الفقهاء وما المراد بقيام ليلها أهو صلاة البراءة أم لا؟
فأجاب بأن الذي صرح به النووي رحمه الله في المجموع أن صلاة الرغائب وهي ثنتا عشرة ركعة بين المغرب والعشاء ليلة أول جمعة من شهر رجب وصلاة ليلة النصف من شعبان مائة ركعة بدعتان قبيحتان مذمومتان ولا يغتر بذكرهما في كتاب قوت القلوب، وفي أحياء علوم الدين ولا بالحديث المذكور فيهما فإن كل ذلك باطل ولا ببعض من اشتبه عليه حكمهما من الأئمة فصنف ورقات في استحبابهما فإنه غالط في ذلك، وقد صنف ابن عبد السلام كتاباً نفيساً في إبطالهما فأحسن فيه وأجاد اهــــ

Referensi

غاية التلخيص ص92
(مسألة): صلاة الرغائب من البدع المنكرة كما ذكره ابن عبد السلام وتبعه النووي في إنكارها، وهي جائزة بمعنى لا إثم على فاعلها، والجماعة فيها جائزة أيضاً، نعم لو صلاها معتقداً صحة أحاديثها الموضوعة أثم


Wallohu a'lambis shawab
https://www.facebook.com/groups/Fiqhsalafiyyah/permalink/486422108095816/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar